SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
YANG MUDA MENITI PENGALAMAN

Selasa, 15 November 2011

Olimpiade Sains Bagi Pelajar

Mungkin bagi kami pelajaran matematika dan sains atau Ilmu Pengetahuan Alam merupakan momok yang berusaha dihindari. Hal ini  dapat menyebabkan pelajar ( mungkin termasuk dan teman-temanmu) kesulitan dalam mempelajari nya. Mungkin pada pengajaran yang kurang tepat membuat kamu menjadi tidak suka pada pelajaran ini, padahal matematika dam sains adalah pelajaran yang sangat menarik.
Pemerintah pun telah menyadari. Untuk meningkatkan minat pelajar terhadap matematika dan sains, Departemen Pendidikan Nasional menggelar Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPRI). LPRI diselenggarakan setiap tahun bertepatan dengan peringatan hari Pendidikan Nasional. Sebagai pelajaran, tentu kamu dapat berperan di dalamnya.
Selain di tingkat nasional, kegiatan serupa juga ada di tingkat internasional, misalnya Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi,informatika,dan Astronomi.Dalam forum ini, pelajar Indonesia berhasil menumbangkan prestasi yang cukup baik. Hal ini menimbulkan kesan positif bagi masyarakat dunia bahwa perkembangan pendidikan dan kegiatan akademik di Indonesia telah berkembang, cukup baik. Negara kita mengikuti forum itu pertama kali pada Olimpiade Matematika Internasional di Australia tahun 1988.
Tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa ikut dalam kegiatan itu. Tapi juga bukan menjadi hal yang sulit jika kamu disiplin dalam belajar dan berlatih,serta tekun mengembangkan pengetahuan. Oh ya, yang bisa mengikuti Olimpiade sains ini adalah siswa yang duduk di SMU. Tetapi persiapan nya perlu dipersiapkan dari sekarang. Nilai mata pelajaran matematika dan sains calon peserta harus baik(minimal 7,5). Seleksi peserta dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/Kota, provinsi, hingga tingkat nasional. Peserta yang lolos akan dibina lebih lanjut di pusat pelatihan (training centre)oleh tim pembina yang telah dipersiapkan secara khusus . Ternyata,prestasi pelajaran Indonesia sangat baik , sejak berpartisipasi dalam Olimpiade sains,kontingen Indonesia hampir selalu memboyong medali, baik perunggu, perak, maupun emas.
Untuk mempersiapkan pelajar Indonesia dalam Olimpiade sains Internasional, pemerintah menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN ) sejak tahun 2003. Peserta nya adalah pelajar dari semua sekolah di Indonesia (semua tingkat,SD,SMP, hingga SMA) yang lolos seleksi secara bertingkat, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten, ,hingga tingkat provinsi. Mereka di adu kecerdasan dan kreativitas nya dalam mengerjakan soal-soal eksak dalam bentuk teori maupun eksperimen. Para pemenangnya akan memperoleh dana, alat belajar,beasiswa dan Mendiknas Award.
Ayo kamu pasti juga dapat menjadi peserta Olimpiade sains Nasional maupun Internasional,bahkan bisa menjadi juara nya. Nah, dari sekarang kamu harus menyukai pelajaran sains, matematika, dan semua pelajaran yang lain. Tidak perlu ada momok terhadap pelajaran tertentu karena semua pelajaran berguna bagi kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar