SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
YANG MUDA MENITI PENGALAMAN

Selasa, 25 Oktober 2011

Mengenal Ilmuwan

ANDERS CELSIUS (1701-1744)
Anders Celsius merupakan seorang ilmuwan yang terkenal dengan pengukuran "derajat celsius" nya. Ia dilahirkan di Uppsala pada tahun 1701 . Ayahnya seorang Profesaor, yang bernama Nill celsius, sedangkan kakek nya. Magnus celsius adalah seorang Profesor di bidang astronomi . Kecerdasan dan bakatnya yang luar biasa di bidang matematika, membuat Anders Celsius diangkat menjadi Profesor di bidang astronomi di usianya yang masih muda ( tahun 1730).
Anders Celsius memulai perjalanan  keilmuannya pada tahun 1732 . Ia hampir mengunjungi seluruh empat observasi (penelitian) di masa ia bekerja dengan ara astronomi lainnya . Setelah ia kembali ke Uppsala , tepatnya tahun 1736, Anders Celsius mengikuti perjalanan (ekspedisi) bersama para astronomi ke Tornea yang terletak di wilayah tara Swedia. Tujuan dari perjalanan tersebut adalah untuk mengukur besar derajat garis meridian (bujur)  mendekati daerah kutub dan membandingkan hasilnya dengan perjalanan serupa ke Peru (saat ini Ekuador) yang letaknya dekat dengan garis ekuator. Perjalanan tersebut memperkuat keyakinan teori newton bahwa bentuk bumi adalah elips dan pada kutub nya rata. Awalnya,Anders celsius tertarik pada masalah umum. yaitu 'berat' dan 'pengukuran' , termasuk pengukuran suhu . Ketika ia masih bersekolah, ia menemukan banyak macam termometer dengan ukuran yang berbeda. Celsius pun berpikir dan menyadari bahwa saat itu dibutuhkan sebuah pengukuran yang dipakai secara internasional . Akhirnya ia berhasil membuat pengukur suhu yang dapat dipakai di daerah panas maupun dingin . Saat ini , sebagian besar  orang menggunakan thermometer celsius untuk melakukan pengukuran suhu tubuh.
Celsius sebagian besar hasil penelitian dan kerjanya di {Perhimpunan Ilmuwan di Uppsala yang merupakan himpunan ilmu pengetahuan tertua di Swedia dan didirikan pada tahun 1710. Di perhimpunan tersebut, celsius menjadi sekretaris dari tahun 1725-1744. Ia juga memimpin sekitar 20 disertasi dalam bidang astronomi, kemudian ia menulis sebuah buku yang berjudul " Artimetics for the Swedish Youth" tahun 1741.
Anders celsius wafat karena penyakit TBC pada bulan April 1744 ( pada usia 42 tahun). Makamnya berada dekat dengan kakek nya , Magnus Celsius di dekat gereja"Gamla Uppsala".
Sumber : Buku Penerbit Yrama Widya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar