SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
YANG MUDA MENITI PENGALAMAN

Selasa, 11 Oktober 2011

BALON YANG TAHAN API

Balon merupakan benda yang mudah meletus. Kita mengetahui bahwa balon harus dijauhkan dari benda tajam. Di samping itu, balon juga perlu dijauhkan dari api, karena api dapat melemahkan karet balon dan dapat menyebabkannya meletus.
Dalam kegiatan ini kita akan membuktikan bahwa balon dapat tahan terhadap nyala api . Untuk itu lakukanlah kegiatan berikut ini.
apa yang kita perlukan ?
1. Dua buah balon tiup
2. Korek Api
3. Air

Apa yang harus kita lakukan?
1. Tiup salah satu balon sampai mengembung kemudian ujungnya diikatkan.
2. Masukan, 60 mililiter ( 1/4 gelas ) air ke dalam  balon lainnya , kemudian tiup sampai menembung dan ikat.
3. Nyalakan korek api , kemudian dekatkan di bawah balon yang pertama. Biarkan api tersebut menyentuh balon. Amati balon tersebut?
4. Nyalakan korek api yang lain . Dekatkan korek api ke bawah air dalam balon yang kedua. Biarkan api tersebut menyentuh balon. amati apa yang terjadi pada balon tersebut?

Apa yang terjadi ?
Balon pertama yang tidak berisi air meletus, mungkin hal itu terjadi sebelum api menyentuhnya . Sementara balon kedua yang berisi air tidak pecah.

Mengapa hal ini dapat terjadi?
Nyala api akan memanaskan apapun yang ditempatkan di dekatnya. Ketika nyala api di dekatkan ke balon pertama yang tidak berisi air, karet balon akan menjadi sangat panas , sehingga karet menjadi lemah dan tidak dapat menahan tekanan udara didalam balon sehingga balon meletus   .
Ketika nyala api di dekatkan ke balon kedua yang berisi air, air menyerap sebagian besar panas dari nyala api itu, sehingga balon tidak pecah.
"Air merupakan penyerap panas yang baik . Diperlukan 10 kali lebih banyak Kalor untuk menaikkan temperatur 1 gram air sebesar -1 derajat Cellcius dibandingkan untuk menaikkan temperatur 1 gram besi sebesar 1 derajat Cellcius".  


Sumber : Buku Penerbit Yrama Widya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar